Nurdahlia, Nurdahlia (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui teknik inner control pada kelas VI di MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NURDAHLIA 190106101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana upaya guru, kendala yang dihadapi guru, serta cara guru mengatasi kendala dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui teknik inner control pada kelas VI di MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan empat cara yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui teknik inner control yaitu guru memberikan contoh sikap disiplin yang baik kepada siswa. Adapun kendala yang dihadapi guru yaitu masih ada siswa yang datang terlambat, ribut dalam kelas, tidak memakai seragam dengan baik dan lain sebagainya. Untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan kedisiplinan siswa tersebut guru berusaha untuk memberikan teladan sikap disiplin yang baik, menegur dan memberi nasehat kepada siswa yang melanggar peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: upaya Guru; Meningkatkan Kedisiplinan; Teknik Inner Control"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:06
Last Modified: 21 Aug 2023 03:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4661

Actions (login required)

View Item View Item