Aulia, Irsa (2022) Pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Siswa Kelas Iv di SDN26 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
IRSA AULIA 190106118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional bisa dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka kelas IV di SDN 26 Cakranegara, dan (2) Faktor-faktorpembinaan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas IV di SDN 26 Cakranegara Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-partisipasi, wawancara tak- terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas,dependabilitas, dan confirmabilitas. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas IV di SDN 26 Cakranegara adalah kegiatan perkemahan seperti, pesta siaga, dan persami; dan juga kegiatan rutin mingguan seperti latihan baris-berbaris, tali-temali, dan Semaphore. (2) Faktor-faktor pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka kelas IV di SDN 26 Cakranegara ialah faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari agama/keyakinan, dan pembawaan dari gennya berupa fisik, kognitif dan sikap. Kemudian faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas IVadalah dengan kegiatan latihan rutin perminggunya yang dimana pada kegiatan ini peserta didik di ajarkan untuk bertanggung jawab, disiplin, terampil, suka menolong satu sama lain, menjaga kebersihan, dan juga anak-anak akan menjadi lebih percaya diri. Hal tersebut berdasarkan""indikator dari kecerdasan spiritual dan emosional. Kegiatan latihan rutin yang dilakukan di SDN 26 Cakranegara ini meliputi baris-berbaris, tali- temali, dan semaphore. Selain itu ada kegiatan perkemahan seperti, pesta siaga, dan juga PerSaMi (Perkemahan Sabtu Minggu). Kemudian ada faktor-faktornya meliputi faktor lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Fakor-faktor tersebut memiliki peran tersendiri pada anak untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan Spirituan; Emosional; Ekstrakurikuler Pramuka"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:22
Last Modified: 16 Aug 2023 04:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4649

Actions (login required)

View Item View Item