Safitri, Desi (2023) Teknik guru dalam meningkatkan hafalan al-qur'an (surah - surah pendek) siswa kelas V Al-Qur'an Hadist di Mi Al-Ma'arif Mujur Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
DESI SAFITRI 190106110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi awal menunjukkan ada beberapa siswa masih belajar mengenal huruf hijaiyah dan siswa yang lain sudah mampu membaca al-Qur'an dengan baik namun belum fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah yang penyebutannya mirip seperti huruf ( I ) dengan ( t), (lY ) dengan (J:, ), (j) dengan (j), (c:) dengan (0), dan pengetahuan siswa tentang ilmu tajwid masih minim sehingga ketika membaca al-Qur'an tidak menerapkan bacaan sesuai dengan ilmu tajwid seperti belum tau mana yang di baca panjang dan mana yang di baca pendek tentunya hal tersebut akan menjadi penghambat siswa dalam menghafal, oleh sebab itu diperlukan teknik guru dalam mengatasi permasalahan tersebutPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana bentuk teknik guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an (surah-surah pendek) siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MI Al-Ma'arif mujur, dan mengetahui Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an (surah-surah pendek) siswa kelas V di MI Al-Ma'arif Mujur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftip . Dalam pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan (verivikasi data). Pengujian keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah 1. Teknik guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an (surah-surah pendek) siswa kelas V di MI Al-Ma'arif Mujur adalah a. Guru menggunakan metode wahdah b. Metode Wafa dan""Takrir c. Kegiatan Diniyah Sore d. Motivasi dari guru e. Memberikan tugas (latihan) dan sanski), f. Membimbing siswa Muraja'ah. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa. a. Faktor pendukung: 1). Semangat siswa dan guru 2). Dukungan dari orang tua siswa 3) Kemampuan yang dimiliki siswa. . b. Faktor penghambat: 1). Sebagian siswa belum lancar dalam membaca Al-Qur'an 2). Adanya rasa malas pada diri siswa sa'at menghafal 3). Faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik; Al-Qur'an; Menghafal. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 04:05 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:05 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |