Sohdi, Sohdi (2023) Eco-awareness dalam pendidikan islam: studi pendidikan lingkungan di Ponpes Nurul Haramain Narmada Lombok Barat. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sohdi 200401019_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran santri dalam menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan dalam pandangan pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembentukan kesadaran menjaga lingkungan (eco-awareness) merupakan gagasan dari pimpinan Ponpes Nurul Haramain Narmada. Gagasan ini timbul berdasarkan pada idiologi agama Islam yang ingin disalurkan karena kecintaannya kepada lingkungan. Selain idiologi agama Islam kesadran lingkungan ini juga didukung oleh sikap sosial yang ditunjukkan oleh pimpinan ponpes sehingga para santri dengan sendirinya mengikuti apa yang dilakukan oleh pimpinan ponpes. Adapun eco-awareness (kesadaran lingkungan) dalam pendidikan Islam di ponpes Nurul Haramain Narmada memiliki beberapa konsep yang berlandaskan pada konsep ajaran Islam yaitu: (1) Pahala shadaqah jariyah (shadaqah yang tidak akan terputus), (2) Memperbanyak nilai hidup yang bermakna (3) Akhirat lebih utama (4) Saling kasih-sayang kepada sesama makhluk Allah (5) Dosa besar bagi perusak pepohonan (6) Memelihara ketentraman dalam beribadah. Sedangkan bentuk implementasinya dilaksanakan secara integratif dalam berbagai aspek pendidikan, baik dalam proses pembelajaran, ekstrakurikuler, sumber dan media pembelajaran, dan sarana dan prasarana pondok. Begitu juga proses pembelajaran yang dilaksanakan selain dilakukan di dalam ruangan, dilakukan juga di alam terbuka, dengan menekankan masalah lingkungan lintas mata pelajaran yang didukung oleh sumber pembelajaran yang relevan dengan materi yang bertema alam. Adapun eco-awareness santri tercermin pada kegiatan para santri yaitu: (1) santri diajarakan pendidikan yang ramah lingkungan, (2) santri diberikan contoh tindakan konservasi oleh ponpes, (3) santri melestarikan kesadaran dan kebersamaan dalam konservasi, yang semua hal ini bertujuan agar para santri terbiasa dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Kesimpulannya eco-awareness dalam pendidikan islam di Ponpes Nurul Haramain didasari oleh konsep-konsep dasar agama yang didukung oleh sikap sosial yang ditunjukkan oleh pimpinan ponpes sehingga dengan sendirinya para santri mengikuti apa yang dilihatnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: eco-awareness; pendidikan islam; pondok pesantren.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:01
Last Modified: 15 Aug 2023 02:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item