Anggraini, Rina (2023) Pengaruh pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Berorientasi Green Chemistry terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kimia siswa X MIPA di SMAN 1 WeraTahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
RINI ANGGRIANI(170109023) pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Larutan elektrolit dan non elektrolit merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa, karena memiliki 1) Karakteristik ilmu kimia yang dilihat dari tiga aspek yaitu, aspek makroskopik, mikroskopik dan simbolik. 2) Dalam proses pembelajaran siswa kurang didorong untuk mengembangkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa yaitu mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan objek nyata atau bahan yang ramah lingkungan. Dari kedua aspek tersebut menyebabkan siswa sulit memahaminya. Salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit adalah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berorientasi green chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berorientasi green chemistry terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan Non equivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini yakni 49 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berorientasi green chemistry sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvesional. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (uji-t) dengan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan bahwa 1) nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berorientasi green chemistry berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa 2) ) nilai sig. (2-tailed) 0.023 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berorientasi green chemistry berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: green C emistry; Hasil Belajar; POE (Predict Observe, Explain); Sikap Ilmiah"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:39
Last Modified: 14 Aug 2023 06:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4626

Actions (login required)

View Item View Item