Ramdani, Ahmad (2021) Problematika pembelajaran maharah kalam siswa Kelas Tujuh Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Ramdani 160102030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan- permasalahan dan solusi dalam pembelajaran maharah kalam pada siswa kelas tujuh Madrasah Tsanawiyah Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, kemudian dari proses pengumpulan data menghasilkan data deskriptif. Penelitian kualitiatif bertujuan untuk menafsirkan data, dalam hal ini mentafsirkan data yang berkaitan dengan pembelajaran maharah kalam, masalah -masalah serta solusi dalam pembelajaran maharah kalam, adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang menghalangi mahasiswa dalam pembelajaran maharah kalam antara lain: Latar belakang mahasiswa yang berbeda, kurangnya hafalan mufrodat, kurangnya motivasi belajar mahasiswa, kurangnya kebiasaan berbicara bahasa Arab, metode dan materi pembelajaran, dan penerapan lingkungan bahasa yang tidak maksimal. Adapun solusi dalam pembelajaran maharah kalam di Madrasah Tsanawiyah Ittihadil Ummah Kelas 7 yaitu: Siswa menghafal kembali mufrodat, siswa membiasakan berbicara bahasa Arab, Guru memberikan latihan dan mengevaluasi maharah kalam siswa, guru membuat catatan khusus bagi siswa yang tidak bisa berbicara bahasa Arab, dan penerapan lingkungan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika pembelajaran; maharatul kalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200523 Middle Eastern Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:38
Last Modified: 14 Aug 2023 04:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item