Ahmad, Ramli (2022) Model hidden kurikulum di Pondok Pesantren Nurul Haramain Putra NW Narmada. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ramli Ahmad 210401030_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan Pondok Pesantren Nurul Haramain PutraNW Narmada telah mampu menjawab kebutuhan pendidikan Islam di tengah-tengah masyarakat ,Perpaduan kurikulum pemerintah dengan pondok telah menghasilkan sebuah sistem pendidikan yang terkontrol selama 24 jam. Peneliti mengutip pendapat Dede Rosyada yang menyatakan bahwa “hidden kurikulum secara teoritik sangat rasional mempengaruhi siswa baik menyangkut lingkungan sekolah, suasana kelas, pola intraksi guru dengan siswa dalam maupun di luar kelas,”. Sedangkan untuk model hidden kurikulum peneliti mengutip ungkapan Glatthom yang menyatakan bahwa “Hidden kurikulum terdiri atas dua bentuk yaitu bentuk relatif tetap dan bentuk yang dapat berubah-ubah, salah satu bentuk yang tetap adalah ideologi, keyakinan dan nilai budaya masyarakat yang mempengaruhi sekolah. Sedangkan bentuk yang dapat berubah meliputi variabel organisasi, sistem sosial dan kebudayaan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang terfokus pada fenomena tertentu yang terjadi pada santri selama menjalankan aktivitas di asrama. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan teridentifikasinya beberapa bentuk kegiatan yang dapat dikatagorikan sebagai hidden kurikulum seperti, Musharifah, Mahfudzot, Mutollah,Qiyam al Lail, Penghijauan, Puasa Senin-Kamis, muhadarah danMufradat. Adapun Model dari hidden kurikulum ini terlihat pada aktivitas para santriwati selama 24 jam, kegiatan yang dilaksanakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab santri yang menjadi pengurus Organisasi Santri Nurul Haramain (OSNH), namun tetap dibimbing dan dibina oleh para ustadz dan ustadzah. Dampak dari hidden kurikulum dibuktikan dengan prestasi yang diraih para santriwati di luar pondok pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hidden kurikulum; metode belajar; pondok pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:32
Last Modified: 14 Aug 2023 05:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item