Sakaki, Muhamad (2023) Strategi guru PAI dalam mengelola kemampuan critical thinking siswa untuk menghadapi banjir informasi dan hoaks: studi di SMK Plus Nurul Hakim Kediri. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhamad Sakaki 210401046_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengelola kemampuan critical thinking berbasis HOTS siswa untuk menghadapi banjir informasi dan hoaks di SMK Plus Nurul Hakim Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriftif. Penelitian ini di lakukan di SMK Plus Nurul Hakim Kediri selama dua bulan, subjek penelitian ini adalah guru PAI di SMK Plus Nurul Hakim Kediri, informan penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru PAI dapat mengimplementasikan critical thinking berbasis HOTS berupa guru mengikuti pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, menyusun persangkat pembelajaran kurikulum 13 berbasis HOTS, mempersiapkan jiwa siswa sebelum pembelajaran, melatih daya kritis siswa, melatih metakognitif siswa, melatih berpikir reflektif siswa, melatih ranah psikomotorik siswa, guru PAI digugu dan diteladani, menganalisis informasi yang tepat dan akurat dan mengaktifkan berpikir benar. (2) Strategi guru PAI dalam mengelola critical thinking siswa berbasis HOTS untuk menghadapi banjir informasi dan hoaks ialah: strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran kreatif dan Inovatif, strategi Contekstual Teaching Learning dan Strategi menemukan (Inquiry). (3) Hasil dari pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan untuk mengelola kemampuan critical thinking siswa berbasis HOTS untuk menghadapi banjir informasi dan hoaks adalah mengelola daya critical thinking sehingga siswa mampu memilih informasi yang shohih, literasi digital informasi, mampu melatih kepatuhan kinestetik, meningkatkan keaktifan siswa, strategi guru dalam pembelajaran beragam, dan tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: critical thinking; banjir informasi; hoaks
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:19
Last Modified: 14 Aug 2023 01:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4610

Actions (login required)

View Item View Item