Safitri, Misrahul (2022) Strategi pengembangan soft skills dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 1 Praya. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Misrahul Safitri 210401026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis soft skills yang dikembangkan dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Praya, Strategi dalam mengembangkan soft skills dan Implikasi penerapan strategi terhadap pengembangan soft skills siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis soft skills yang dikembangkan dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Praya ada dua yaitu keterampilan komunikasi dan keterampilan bekerja sama,. Adapun strategi yang digunakan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan keterampilan bekerja sama yang digunakan guru PAI di SMK Negeri 1 Praya menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menggunakan metode presentasi dan diskusi, metode pembelajaran secara berkelompok (kooperatif). Implikasi penerapan pendekatan saintifik atau pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu: siswa aktif dalam memperhatikan penjelasan/arahan guru, membaca buku terkait materi pelajaran, memperhatikan siswa lain yang sedang mengemukakan pendapat, bertanya, memberikan saran/pendapat, menjawab/merespon pertanyaan, mencatat materi pelajaran, mencari materi pelajaran sendiri, berdiskusi, presentasi dan bekerja kelompok. Implikasi penerapan metode pembelajaran presentasi dan diskusi dalam pembelajaran dapat membantu siswa memiliki dan menguasai indikator keterampilan komunikasi. Implikasi penerapan metode pembelajaran secara berkelompok (kooperatif) dapat membantu siswa memiliki kemampuan dan menguasai indikator-indikator keterampilan bekerja sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; pengembangan soft skills; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:13
Last Modified: 09 Aug 2023 03:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4604

Actions (login required)

View Item View Item