Zaenudin, Zaenudin (2022) Manajemen pendidikan karakter dalam merespons kompetensi siswa abad ke-21 di SMK Negeri 1 Praya Kabupaten Lombok Tengah. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zaenudin I200403061_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Fokus tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran umum implementasi pendidikan karakter, menganalisis bentuk implementasi manajemen pendidikan karakter, dan menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi manajemen pendidikan karakter dalam merespons kompetensi siswa abad ke-21 di SMKN 1 Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SMKN 1 Praya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran umum implementasi pendidikan karakter di SMKN 1 Praya. 2) Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam merespons kompetensi siswa abad ke-21 (berfikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, kreativitas dan inovasi, dan kolaborasi) melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pada proses pembelajaran, pembinaan peserta didik, manajemen sarana prasarana, kemitraan sekolah, peneladanan dari guru dan tata usaha, dan manajemen pembiayaan. 3) Faktor penghambat manajemen pendidikan karakter yakni kurangnya kepedulian orang tua terhadap pergaulan anak, keluarga yang kurang harmonis, karakter lingkungan dan karakter siswa yang berbeda, penggunaan media handphone untuk internet yang tidak sehat, pemahaman guru yang belum kaffah. Sedangkan faktor pendukung manajemen pendidikan karakter yakni sarana prasarana yang memadai, peraturan sekolah yang komprehensif, kurikulum yang fokus pada pembentukan karakter, dan pembiayaan yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen; pendidikan; sekolah; kompetensi; abad ke-21
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2023 05:55
Last Modified: 31 Jul 2023 05:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item View Item