Prayatna, Yas Arman (2022) Implementasi sistem manajemen mutu pendidikan islam di Yayasan Nurul Islam Sekarbela. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yas Arman Prayatna 200403025_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sistem manajemen di Lembaga Pendidikan Islam ikut terlibat dalam penentuan kualitas pendidikan, banyak Lembaga Pendidikan yang mengabaikan tentang sistem manajemen mutu di Lembaga Pendidikannya yang mengacu kepada sistem manajemen mutu yang di persyaratkan secara standar internasional seperti Sistem Manajemen Mutu. Sistem manajemen mutu merupakan sebuah sistem yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memungkinkan perbaikan yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul telah diuji kebenarannya, keserasian dan kecocokannya melalui triangulasi dan sumber lainnya. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data collection, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pemaparan data pembahasan bahwa: Implementasi sistem manajemen mutu pendidikan Islam di Yayasan Nurul Islam Sekarbela sudah menerapkan 8 prinsip sistem manajemen mutu yaitu (1) Fokus customer, (2) Kepemimpinan responship, (3) Keterlibatan semua warga Yayasan, (4) Pendekatan proses, (5) Pendekatan sistem pada manajemen, (6) Perbaikan secara berkelanjutan dan terus menerus, (7) Keputusan berdasarkan fakta, dan (8) Membangun hubungan baik dengan para stakeholder. Faktor pendukung implementasi sistem manajemen mutu pendidikan Islam di Yayasan Nurul Islam Sekarbela anatara lain; (1) Kesadaran warga yayasan, (2) Dana, (3) Sarana dan prasarana yang memadai dan (4) Dukungan stakeholder. Faktor penghambat implementasi sistem manajemen mutu pendidikan Islam di Yayasan Nurul Islam Sekarbela anatara lain; (1) Kurangnya pemahaman personel terhadap sistem manajemen mutu, (2) Koordinasi antara lini kerja, dan (3) Proses dokumentasi belum maksimal

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: mutu pendidikan; manajemen; kualitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:05
Last Modified: 31 Jul 2023 02:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item