Awaluddin, Awaluddin (2022) Pengaruh manajemen kurikulum dan sarana prasarana terhadap kemampuan technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru abad 21 di Madrasah Aliyah Kecamatan Lenek Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Awaluddin 210403002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh manajemen kurikulum terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21; 2) pengaruh manajemen sarana prasarana terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21; dan 3) pengaruh manajemen kurikulum dan sarana prasarana terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 di Madrasah Aliyah Kecamatan Lenek Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatam kuantitatif dengan jenis penelitian survey dan desain penelitian menggunakan Cross-sectional survey. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Madrasah Aliyah Kecamatan Lenek Lombok Timur yang berjumlah 28 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan seluruh anggota populasi dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data dengan uji validitas, reliabilitas, dan uji prasyarat serta hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial manajemen kurikulum berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 dan manajemen sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 di di Madrasah Aliyah Kecamatan Lenek Lombok Timur. Adapun secara simultan manajemen kurikulum dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 di Madrasah Aliyah Kecamatan Lenek Lombok Timur. Variabel yang paling besar mempengaruhi kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 adalah manajemen kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sarana prasaran; kurikulum; manajemen belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:44
Last Modified: 14 Jul 2023 01:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4501

Actions (login required)

View Item View Item