Hasim, Ahmad Nizar (2022) Kepemimpinan trasnformasional kepala sekolah penggerak dalam mendorong implementasi aktualisasi diri peserta didik: studi multi situs di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Nizar Hasim 210403036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak dalam mendorong implementasi aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong dengan tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah penggerak dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Masbagik? (2) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah penggerak dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Selong? (3) Bagaimana perbandingan peran kepemimpinan kepala sekolah penggerak dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis multi situs. Data dikumpulkan dengan observasi non-partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara merangkum, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi bersifat sementara. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) vii kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak di SMAN 1 Masbagik memiliki peran yang baik dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik. (2) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak di SMAN 1 Selong memiliki peran yang sangat baik dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik. (3) Peran kepemimpinan transformasional kepala SMAN 1 Selong lebih tegas dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong memiliki peran dalam mendorong implementasi aktualisasi diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: transformasional; Pendekatan kualitatif; kepala sekolah penggerak; Aktualisasi diri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:59
Last Modified: 14 Jul 2023 00:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item