Tohri, Muhamad (2023) Kesulitan-kesulitan di dalam mengajarkan keterampilan berbicara bahasa arab di kelas dua Madrasah Aliyah Plus Yanmu NW Praya Lombok Tengah. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Thesis Muhamad Tohri 170406013 - Copy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Telah dilakukan penelitian di madrasah Aliyah Plus Yanmu NW Praya Lombok Tengah, dengan judul penelitian “kesulisatan-kesulitan di dalam mengajarkan keterampilan berbicara pada pelajaran bahasa arab”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa di dalam mengajar dan belajar keterampilan berbicara Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian Kulitatif Deskriftif, dengan metode pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi dan peneliti ikut langsung di dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriftif yaitu analisis yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan, peristiwa dan kejadian-kejadian yang berkaitan dengan judul penelitian. Penilitian ini telah mendapatkan gambaran dari apa yang menjadi fokus penelitian yaitu; kesulitan yang dihadapi oleh guru berupa; 1). Kesulitan di dalam mengatur siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda di dalam bahasa arab karena perbedaan latar belakang pendidikan. 2). Semangat belajar siswa yang rendah 3). Kesulitan di dalam menjelaskan pelafalan huruf hijaiyah yang tidak ada padanannya di dalam abjad. 4). Kesulitan di dalam menjelaskan kaidah nahwu sharf yang tidak ada persamaannya di dalam struktur bahasa indonesia. Sedangkan kesulitan yang dihadapi oleh para siswa adalah; 1). Kesulitan menyusun kalimat yang baik dan benar ketika berbicara. 2). Takut salah ketika berbicara. 3). Kaku dan tidak lancar ketika berbicara 4). Kesulitan menerjemahkan secara langsung ungkapan dari lawan bicara karena kekurangan kosa kata.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; bicara bahasa arab; kesulitan belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:20
Last Modified: 12 Jun 2023 04:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4409

Actions (login required)

View Item View Item