Lutfhi, Muh. Khairul (2023) Metode az-zaq-zaq dalam pembelajaran ilmu nahwu dan implementasinya di Pondok Pesantren Nurul Mubin. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muh. Khairul Lutfhi 210406008_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi kegenerasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. sudah seharusnya para penyelenggara pendididkan dan para pemerhati pendidikan berupaya, mingkatkan mutu pendidikan. Maka Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena merajalelanya lagu-lagu yang tidak bermamfaat. Metode bernyanyi merupakan metode yang menyenangkan dan menarik untuk meningkatkan semangat belajar santri dalam menghapal. maka penelitian akan memberikan gambaran mengenai pembelajaran Ilmu Nahwu dengan metode bernyanyi dan implementsainya dipesantren lain Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apa itu metode az zaq zaq dan bagaimana metode ini dalam meningkatkan pemahaman ilmu nahwu (2) menganalisis permasalahan permasalahan hambatan para santi ketika belajar ilmu nahwu dan bagaimana solusi. (3) melihata epektifitas pembelejaran ilmu nahwu menggunakan metode az zaq zaq. Penelitian ini merupakan penelitian Diskrifptif kualitatif, pada penelitian ini tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjjukan penggunaan metode Az zaq zaq mampu meningkatkan kualitas pemahaman ilmu nahwu semakin meningkat dan metode ini sangat cocok untuk para pemula karna mtode ini sangat menyenangkan tidak membosankan. Hambatan metode ini : sumber daya manusia yang masih kurang profesional, pembelajaran yang masih kurang efektif, rasa bosan dan malas yang dirasakan para santri. Langkah mengatasinya adalah dengan menambah jam belajar dan membuatkan Aplikasi dan mengadakan pelatihan pelatihan khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; nahwu; metode az zaq-zaq
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:09
Last Modified: 12 Jun 2023 04:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4408

Actions (login required)

View Item View Item