A’la, M. Rofiul (2023) Pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab al-arobiyah lin-nasyi’in dengan pendekatan kontekstual dalam pengembangan maharoh kalam siswa kelas VII MTs Abu Darda’ Lombok Tengah. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M. Rofiul A'la 210406009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini termasuk pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data nyakni metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Metode observasi ini digunakan untuk mendapatkan informasi dengan mengamati kegiatan atau upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan maharoh kalam tanpa harus terlibat didalamnya. Adapun metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data atau informasi yang terkait tentang bagaimana pembelajaran kitab Al-arobiyah Linnasyi’in serta tentang proses pembelajaran bahasa arabnya. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data serta informasi yang terkait tentang Mts abu Darda’ Lombok Tengah.Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Mts Abu Darda’ Lombok Tengah, maka guru memiliki peran besar dalam mengembangkan maharoh kalam siswa, seperti guru melatih bicara dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang dijawab oleh siswa dari hasil menghafal mufrodat yang ada di kitab al arobiyah lin nasyi’in. Dengan keberadaan kitab al-arobiyah linnasyiin serta pendekatan kontekstual yang dilakukan guru untuk pengembangan maharah kalam siswa, maka upaya tersebut menjadikan siswa lebih percaya diri dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam pengembangan maharah kalamnya. sehingga guru menggunakan beberapa metode dalam proses pembelajarannya, yakni metode langsung, tarjemah, membaca, audiolingual, dan campuran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; kitab al-arobiyah lin-nasyi’in; maharoh; kalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:40
Last Modified: 12 Jun 2023 03:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item