Febrianti, Febrianti (2022) Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MIN 1 Ende Tahun Pelajaran 2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Febrianti 180106026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, mengidentifikasi hambatan yang dihadap dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, serta menjelaskan solusi dalam mengatasi hambatan pengimpelementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MIN 1 Ende Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data (data reducation), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa, 1)Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MIN 1 Ende dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Terdapat empat jenis kegiatan yang sudah dilakansakan di MIN 1 Ende yaitu: kegiatan sholat dhuha dan dzuhur, kegiatan IMTAQ, kegiatan Tahsin dan Tilawah, dan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu nilai relagius, disiplin, dan tanggung jawab. 2)Hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MIN 1 Ende yaitu malasnya peserta didik yang tidak membawa Juz amma atau al-Qur’an, peserta didik yang sulit dikondisikan, dan kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya dampingan terhadap perkembangan anak. 3)Solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MIN 1 Ende yaitu dengan cara guru memberikan sanksi yang efektif seperti bagi peserta didik yang tidak membawa Juz amma atau al-Qur’an akan diberikan sanksi berupa hafalah surah-surah pendek juz 30, kemudian menyediakan sarana yang dibutuhkan peserta didik, memaksimalkan kerja sama pendidik dalam mengawasi peserta didik, dan terjalinnya hubungan orang tua dan pendidik yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan karakter; ekstrakurikuler keagaamaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:05
Last Modified: 09 Jun 2023 02:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4390

Actions (login required)

View Item View Item