Rahmatin Agustina, Rihan (2023) Upaya guru dalam menangani learning loss di kelas III MI Al-Islahuddiny Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rihan Rahmatin Agustina 180106176 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Learning loss merupakan menurunnya pengetahuan dan keterampilan yang terjadi pada siswa dikarenakan beberapa hal. Di Indonesia anggapan fenomena learning loss terjadi karena adanya covid-19 akan tetapi jika diteliti melalui hasil riset nilai akademik siswa pada tahun sebelumnya Indonesia sudah mengalami learning loss jauh sebelum terjadinya pendemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan gambaran umum learning loss di kelas III MI Al-Islahuddiny Tahun Ajaran 2021/2022, 2) Menganalisis upaya guru dalam mengatasi learning loss di kelas III MI Al-Islahuddiny tahun ajaran 2021/2022 dan 3) Mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya learning loss di kelas III MI Al-Islahuddiny tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk mengumpulkan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik interaktif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pada pengujian keabsahan data menggunakan tiga triangulasi yaitu, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu dan kecukupan refrensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Gambaran siswa yang mengalami learning loss diantaranya meliputi siswa yang memiliki minat belajar yang rendah, siswa yang memiliki kemampuan belajar yang rendah dan siswa yang mengalami kemunduran akademik. 2) Upaya guru dalam mengatasi learning loss meliputi, meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan cara siswa membaca buku sebelum pembeajaran dimulai dan siswa menyetorkan hafalan perkalian sebelum pulang, bekerjasama dengan orang tua, memberikan perhatian dan motivasi. 3) Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya learning loss meliputi, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adanya learning loss diantaranya, inteligensi atau kemampuan siswa dan motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi terjadinya learning loss meliputi, a) Faktor lingkungan keluarga yang dapat dilihat melalui pendidikan orang tua, perhatian orang tua dan susana hubungan antara anggota keluarga. b) Faktor lingkungan sekolah yang dapat diamati melalui sarana dan prasarana, kompetensi guru dan siswa, kurikulum dan metode mengajar. c) Game dan gadget, dan d) Adanya pristiwa covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 09 Jun 2023 00:30
Last Modified: 09 Jun 2023 00:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item