Rumhariansyah, M. (2022) Pengaruh SQ4R terhadap pemahaman membaca siswa Kelas III MA NW Sanggeng Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M. Rumhariansyah 170107045 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan SQ4R ((Survey, Question, Read, Recite, Record and Review) terhadap pemahaman bacaan siswa kelas III MA NW Sanggeng tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan one group pretest dan posttest Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III MA NW Sanggeng dan peneliti memilih siswa kelas III sebagai sampel penelitian ini Peneliti menggunakan instrumen tes membaca yang meliputi pretest dan posttest. Tes yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pilihan ganda, merujuk objek dalam paragraf, dan mengidentifikasi beberapa teks. Hasil menunjukkan rata-rata posttest lebih tinggi dari rata-rata pre-test (73>54,5), menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat. Persentase peningkatan sebesar 34% Terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai siswa sebelum dan sesudah perlakuan Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig two-tailed pada uji-t sebesar 0,000 yaitu adalah kurang dari 0,05. Perhitungan uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Akibatnya, hipotesis nol ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan SQ4R sebagai treatment dalam pengajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Inggris efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetisi bercerita; kemampuan berbicara bahasa inggris; efektivitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 31 May 2023 07:00
Last Modified: 05 Jun 2023 03:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item