Fitriani, Fitriani (2022) Pengembangan modul pembelajaran kimia terintegrasi kearifan lokal sasak terhadap sikap ilmiah siswa pada materi unsur, senyawa dan campuran. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fitriani 180109026_pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul pembelajaran kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak terhadap sikap ilmiah siswa pada materi unsur, senyawa dan campuran, (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran terintegrasi kearifan lokal Sasak terhadap sikap ilmiah siswa pada materi unsur senyawa dan campuran, (3) Mengetahui keefektifan modul pembelajaran kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu R&D (research & development) dengan mengacu pada pengembangan model Dick and Carey yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1)Identifikasi Kebutuhan Intruksional, (2)Melakukan Analisis, (3)Mengidentifikasi Pembelajar dan Konteks, (4)Menulis Tujuan Performasi, (5) Mengembangkan Instrumen, (6)Menyusun Strategi Intruksional,(7) Mengembangkan Strategi Pengembangan, (8) Menyusun dan Melakukan Evaluasi Formatif, (9) Melakukan Revisi Intruksional, (10) Evaluasi Sumatif. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus aiken’s untuk mengukur kelayakan produk menunjukkan bahwa nilai dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 0.916 yang bermakna modul pembelajaran kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak memenuhi kriteria valid. Penilaian dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 0.942 yang bermakna modul pembelajaran kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak memenuhi kriteria valid. Penilaian dari ahli bahasa mendapatkan nilai 0.8 yang bermakna modul pembelajaran kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji N Gain untuk keefektifan modul pembelajaran kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak mendapatkan nilai sebesar 0.5 dengan kategori cukup efektif."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran; terintegrasi kearifan lokal Sasak; dan Sikap Ilmiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130206 Sasak,Samawa, and Mbojo Language Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 12 May 2023 06:43
Last Modified: 12 May 2023 06:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item