Agustina, Haerunnisa (2022) Strategi komunikasi pemasaran pengusaha gerabah dalam mempromosikan gerabah di masa pandemi covid-19: studi kasus Desa Banyumulek Kec. Kediri kab. Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Haerunnisa Agustina 180301137.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Strategi komunikasi pemasaran dapat dilakukan oleh seluruh pengusaha-pengusaha dengan tujuan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Strategi komunikasi pemasaran ini juga digunakan oleh pengusaha-pengusaha yang ada di Lombok, lebih tepatnya di Desa Banyumulek Kec.Kediri Kab. Lombok Barat, yaitu Arifin Lombok Pottery dan UD Sanggar Gerabah. Kedua pengusaha ini sangat mengedepankan komunikasi dalam proses pemasaran atau promosi barang yaitu gerabah. Namun saat pandemi melanda Indonesia pada tahun 2019 silam, pemasaran yang dilakukan mengalami penurunan karena adanya masalah pada komunikasi yang kurang efektif. oleh karena itu, para pengusaha tersebut meredakan kendala-kendala tersebut dengan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Adapun solusi dari kendala-kendala tersebut adalah menggunakan sosial media marketing sebagai wadah promosi gerabah, social media marketing sangat berperan penting dalam keberlangsungan promosi gerabah dimasa pandemi Covid-19, proses promosi berjalan lebih efektif dan lebih menguntungkan, dikarenakan social media marketing memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan strategi-strayegi sebelumnya yaitu word of mouth atau biasa disebuh pemasaran dari mulut kemulut. Dalam melakukan sebuah penelitian tentunya harus memiliki pendekatan yang matang, maka dari itu diperlukannya suatu metode penelitian. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, dimana informasi yang dibutuhkan didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dianalisis kemudian disimpulkan. Berdasarkan hasil temuan dan analisis dapat disimpulkan strategi komunikasi yang digunakan oleh kedua pengusaha gerabah pada masa pandemi yang menggunakan social media marketing tersebut sangat berpengaruh dan memberikan efek positif dalam keberlangsungan pemasaran yang dilakukan dimasa pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya strategi tersebut sepatutnya pengusaha gerabah meneladani sifat Rasulullah dalam berdagang, adapun sifat-sifat Rasulullah dalam berdagang adalah, jujur (siddiq), dapat dipercaya (amanah), argumentative dan komunikatif (tablig), serta cerdas dan bijaksana (fathonah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: promosi; pemasaran; marketing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:00
Last Modified: 26 Apr 2023 02:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item