Sapriadi, Sapriadi (2022) Upaya meningkatkan percaya diri anak tuna rungu di (SDLB) Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sapriadi 180303115_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Anak tuna rungu tidak jauh berbeda dengan anak normal pada umumnya, hanya saja mereka memiliki keterbatasan, keterbatasan tersebut seringkali menimbulkan hal-hal negatif pada dirinya seperti kurang percaya diri, sulit beradaptasi, pesimis dan mudah menyerah dalam segala hal. Berdasarkan dampak negatif yang ada pada tuna rungu, maka peneliti ingin mengetahui apa saja upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan percaya diri tuna rungu dan faktor apa saja penghambat dan pendukung upaya guru dalam meningkatkan percaya diri tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan jumlah subjek penelitian lima orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan kepercayaan diri tuna rungu ke yaitu, pemberian tugas untuk menambah keyakinan akan kemampuan diri. Pengenalan lingkungan agar mudah menyesuaikan diri. Belajar bahasa isyarat agar mudah berkomunikasi. Keterampilan agar mampu mandiri seperti melukis, menggambar mewarnai. Berdasarkan teori Lauster mengenai aspek- apek percaya diri yang dimiliki seseorang. Adapun Faktor pendukung upaya meningkatkan percaya diri anak tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Mataram yakni, adanya motivasi belajar tuna rungu yang tinggi, lingkungan sekolah yang kondusif, adanya minat siswa tuna rungu dalam bidang keterampilan. Sedangkan faktor pendukung upaya meningkatkan kepercayaan diri tuna rungu yakni, adanya rasa malas siswa tuna rungu, kesulitan siswa dalam menyesuaikan diri, sering lupa dan sulit memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: percaya Diri; Anak Tuna Rungu; SLBN 2 Mataram"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 12 Apr 2023 05:45
Last Modified: 12 Apr 2023 05:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4102

Actions (login required)

View Item View Item