Paramadina, Intan (2022) Analisis kesulitan belajar fikih ditinjau dari gaya belajar pada siswa Mts Negeri 1 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Intan Paramadina 180101083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan medeskripsikan jenis kesulitan, faktor dan cara mengatasi kesulitan beradasarkan gaya belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan tipe gaya belajar visual memiliki 3 jenis kesulitan belajar Fikih pada indikator mengklasifikasikan, mengkontruksi dan, menyimpulkan. (2) Siswa dengan tipe gaya belajar auditori memiliki 4 jenis kesulitan belajar Fikih pada indikator menginterpretasi, mengklasifikasi, mengkontruksi dan, menyimpulkan. (3) Siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik memiliki 4 jenis kesulitan belajar Fikih pada indikator mencontohkan, mengklasifikasi, mengkontruksi, dan menyimpulkan. Kesimpulam dari penelitian ini: (a) pada siswa visual kesulitan terjadi karena siswa tidak terbiasa menghafal materi dan media pembelajaran yang kurang bervariasi (b) siswa auditorial mengalami kesulitan belajar karena siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan siswa kurang diskusi kelompok (c) Siswa kinestetik mengalami kesulitan belajar karena kurang teliti menjawab soal dan pembelajaran kurang dikaitkan dengan kehidupan sekitar. (d) Alternatif solusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa visual dengan menggunakan media video, untuk gaya belajar auditorial dengan membentuk kelompok diskusi, dan untuk gaya belajar kinestetik dengan mengarahkan siswa melakukan praktik sederhana yang dihubungkan dengan konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan Belajar; fikih;gaya Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:01
Last Modified: 14 Mar 2023 02:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item