Aminatuzza’rah, Dewi (2023) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang ditinjau dari perbedaan gender. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dewi Aminatuzza'rah (1501030366).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu proses berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah untuk memperoleh berbagai macam ide atau gagasan baru yang beragam. Kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah perbedaan gender. Gender merupakan karakteristik yang dapat membedakan antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang ditinjau dari perbedaan gender. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang peneliti gunakan yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang dipilih berdasarkan gendernya yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang memiliki kriteria tertentu. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih subjek sesuai tujuan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi hasil tes soal dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian yang diperoleh dari keenam subjek adalah siswa perempuan hanya mampu memunculkan dua indikator dari kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency) dan keluwesan (flexibility) dan belum mampu memunculkan indikator kebaruan (novelty). Sementara, siswa laki-laki mampu memunculkan seluruh indikator dari kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility) dan kebaruan (novelty). Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan dalam kemampuan berfikir kreatif antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir Kreatif; Gender; peluang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:41
Last Modified: 13 Mar 2023 01:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item