Dwi Seftiawan, Dadang (2022) Hubungan efikasi diri akademik dengan resiliensi pada mahasiswa semester I Bimbingan Konseling Islam UIN Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
DADANG DWI SEFTIAWAN 190303006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Banyaknya permasalahan akademik yang dialami oleh mahasiswa semester I membuat keadaan mahasiswa tidak baik- baik saja. Mahasiswa semester I yang merupakan transisi dari masa SMA ke jenjang perkuliahan membuat mahasiswa harus mampu menyesuaikan dirinya, baik itu penyesuaian diri dengan dosen, teman kelas, ataupun penyesuaian diri dengan aktivitas akademik. Dengan banyaknya tuntutan tersebut mahasiswa perlu meningkatkan efikasi diri akademik mereka dan resiliensi sehingga mahasiswa mampu menghadapi dan melewati permasalahan dan rintangan dalam dunia perkuliahan. Jenis penelitian menggunakan metode uji korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester I Prodi BKI UIN Mataram dengan jumlah sampel 100 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri akademik dan resiliensi yang sudah diadopsi oleh penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukan nilai korelasi nilai R hitung 0, 723 dengan taraf signifikansi 0,000 menunjukan bahwa efikasi diri akademik memiliki hubungan positif dengan resiliensi. Artinya semakin tinggi efikasi diri akademik yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin tinggi pula daya resiliensi mahasiswa, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa; efikasi diri akademik; resiliensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:24
Last Modified: 23 Feb 2023 03:24
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item