Yakin, Idris Hakkul (2019) Penerapan pendekatan lingkungan dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs. Aunul NW Beroro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Idris Hakkul Yakin 151121170.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

INDONESIA Berdasarkan hasil observasi atau pengamatan awal tanggal 12 oktober 2Ol7 MTs. Aunul Ibad NW Beroro bahwa keberhasilan proses pernbelajaran di sekolah ditentukan oleh kemampuan ( kompetensi ) yang dimiliki seorang grru dan belajar mengajar trdak terlepas dari keseluruhan sistem pendidikan yang ada, dimana sistem pendiolkan adalah sebagai barometer dan acuan bagi kegiatan belajar mengajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatil dan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu metode dikumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak di MTs Aunul Ibad Nlv Beroro memiliki kompetensi yang masih kurang baik dalam penerapan pendekatan lingkungan pada mata pelajaran Akidah Akhlah karena masih ada beberapa komponen yang belum terlaksana sepenuhnya. oleh karena itu guru Akidah Akhlak perlu meningkatkan kompetensi yang di miliki, agar dapat melaksanakan tugasnya sebagai pendidik menjadi lebih baik lagi. Kendala - kendala guru Akidah Akhlak dalam penerapan pendekatan lingkgngan yaitu Pertama, guru belum memahami rangkah - rangkah rencana peraksanaan pembelajaran ( RPP ) kurikulum 2013. kedua, perubahan kurikulum. ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi guru. Dan selain itu kendala juga berasal dari fuktor internal ( perhatian, bakaq intelegensi dan lain - lain ) danfactor eksternal (factor keluarga, factor sekolah, dan factor masyarakat). upaya - upaya yang di takukan guru Akidah Akhlak dalam penerapan pendekatan lingkungan Pertqma, Guru di tunhrt untuk memahami langkah - tangkah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ). Kedua, guru harus mengetahui adanya perubahan kurikulum KTSP ke kurikulum 2013. Ketiga guru dituntut minimal harus menguasai teknologi komputerisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; pendekatan lingkungan; pendidikan agama
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:36
Last Modified: 22 Mar 2021 02:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item