Rosdiana, Efia (2021) Strategi pemasaran dalam upaya menarik minat nasabah menggunakan produk tabungan haji pada Bank Mega Syariah Kc Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
EFIA ROSDIANA 170502178-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui strategi dalam memasarkan produk tabungan haji dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam menerapkan strategi pemasaran produk tabungan Haji pada Bank Mega Syariah KC Mataram. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Dalam metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi, penilaian teman sejawat dan kecukupan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Mega syariah khususnya pada produk tabungan haji yaitu dilakukan secara online dan offline dengan menggunakan pasar yang dituju yaitu mengunakan strategi segmenting, targeting dan positioning. Selain itu, dengan mengembangkan marketing mix yang terdiri dari 7P + 1S yaitu product, place, price, promotion,people, process, Physical Evidence, dan syariah yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik minat nasabah dan mempertahankan loyalitas nasabah menggunakan produk tabungan haji. kemudian kendala-kendala yang dihadapi dalam memsarkan produk tabungan haji diantaranya yaitu, Persaingan antar sales baik sales Bank Bank Mega Syariah itu sendiri maupun dari bank yang lainnya yang sama-sama menawarkan produk yang sama, Banyaknya lembaga keuangan yang melakukan pembiayaan produk sejenis tabungan Haji dan masyarakat beranggapan bahwa bagi mereka, tidak mudah mengumpulkan uang untuk ongkos naik haji yang mencapai puluhan juta rupiah. Strategi pemasaran harus selalu dikembangkan sesuai dengan keinginan masyarakat agar teciptanya ketertarikan nasabah menggunakan produk tabungan haji.
Actions (login required)
View Item |