Rosdiana, Efia (2021) Strategi pemasaran dalam upaya menarik minat nasabah menggunakan produk tabungan haji pada Bank Mega Syariah Kc Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
EFIA ROSDIANA 170502178-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui strategi dalam memasarkan produk tabungan haji dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam menerapkan strategi pemasaran produk tabungan Haji pada Bank Mega Syariah KC Mataram. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Dalam metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi, penilaian teman sejawat dan kecukupan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Mega syariah khususnya pada produk tabungan haji yaitu dilakukan secara online dan offline dengan menggunakan pasar yang dituju yaitu mengunakan strategi segmenting, targeting dan positioning. Selain itu, dengan mengembangkan marketing mix yang terdiri dari 7P + 1S yaitu product, place, price, promotion,people, process, Physical Evidence, dan syariah yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik minat nasabah dan mempertahankan loyalitas nasabah menggunakan produk tabungan haji. kemudian kendala-kendala yang dihadapi dalam memsarkan produk tabungan haji diantaranya yaitu, Persaingan antar sales baik sales Bank Bank Mega Syariah itu sendiri maupun dari bank yang lainnya yang sama-sama menawarkan produk yang sama, Banyaknya lembaga keuangan yang melakukan pembiayaan produk sejenis tabungan Haji dan masyarakat beranggapan bahwa bagi mereka, tidak mudah mengumpulkan uang untuk ongkos naik haji yang mencapai puluhan juta rupiah. Strategi pemasaran harus selalu dikembangkan sesuai dengan keinginan masyarakat agar teciptanya ketertarikan nasabah menggunakan produk tabungan haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; minat nasabah; produk tabungan haji ib
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Dec 2022 13:48
Last Modified: 03 Dec 2022 13:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item