Harianto, Simpatik Bambang (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tife group investigation (GI) dan numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips Kelas V di SDN 3 Marong Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Simpatik Bambang Harianto 151139293_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) merupakan tipe model pembelajaran kooperatif yang merupakan metode kompleks dalam pembelajaran kelompok yang mengharuskan peserta didik untuk menggunakan skill berfikir level tinggi. Sebagai model pembelajaran yang bertipe kooperatif didesain sedemikian rupa sehingga mudah dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V di SDN 3 Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan 2 siklus yang disesuaikan dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan menggunakan metode alur siklus yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Apabila siklus pertama hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih belum mencapai Kriteria ketuntasan individu maka akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya yaitu siklus kedua. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa semula nilai rata-rata tes akhir siklus I menjadi 66,40. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 68% yang berarti bahwa ketuntasan belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 85% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang semula nilai rata-rata pada tes akhir siklus II menjadi 80,4. Presentase ketuntasan belajar pada siklus II adalah 88%, yang berarti bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 85% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian, membuktikan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tife group investigation (GI) dan numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di sdn 3 Marong Tahun pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: group investigation (gi); numbered head together (nht); pelajaran ips; hasil belajar; penerapan model belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:20
Last Modified: 03 Nov 2022 05:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item