Viqhi, Muhammad (2022) Analisis faktor-faktor kesulitan belajar Bahasa Arab untuk siswa kelas II Tsanawiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Muhammad Viqhi 160102055_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Dalam penelitian ini, peneliti membahas judul tentang Analisis Faktorfaktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas II Tsanawiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Faktor-faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas II Tsanawiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dengan terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi tentang Faktor-faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab. Metode wawancara untuk memperoleh data dan informasi terkait kegiatan pembelajaran dan metode guru dalam belajar bahasa arab dan yang dirasakan siswa dalam pembelajaran itu. Dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data, dan informasi tertulis seperti buku-buku, majalah, raport, daftar kegiatan dan sebagainya yang terkait dengan gambaran Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa factor-faktor yang membuat siswa kesulitan dalam belajar bahasa arab yaitu factor internal dan factor eksternal dan bagaimana guru mengatasi kesulitan belajar bahasa arab sehingga belajar bahasa arab berjalan dengan yang di harapkan seperti guru bertanya tentang materi yang belum di pahami, menyediakan media belajar, mengadakan extra kurikulum , peraktik berbahasa arab dan lain-lain.
Actions (login required)
![]() |
View Item |