Nurinayah, Nurinayah (2022) Upaya meningkatkan pemahaman peserta didik tentang sistem gerak pada manusia melalui penerapan model experiential learning pada kelas VIII Mts Al-Muthmainnah Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurinayah 180104099_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Latar belakang pada penelitian ini yaitu adanya kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas VIII MTs Al-Muthmainnah dalam mata pelajaran IPA Terpadu. Presentase hasil belajar peserta didik di dalam kelas sebelumnya tidak mencapai ketuntasan. Penyebabnya adalah peserta didik merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan metode dan model pembelajan yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini yaitu peneliti menawarkan menggunakan model Experiential Learning untuk diterapkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dengan pokok bahasan sistem gerak pada manusia pada siswa kelas VIII MTs Al-Muthmainnah menggunakan model Experiential Learning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana penelitian ini menggunakan 2 siklus apabila belum mencapai indikator keberhasilan pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode partisipatif, dimana siswa melakukan pengamatan pada saat proses pembelajaran secara langsung. Model penelitian ini menggunakan model experiential learning yang diterapkan oleh David Kolb yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah observasi langsung, tes tertulis pilihan ganda dan Esay (Pre-test dan Post-test) serta dokumentasi. Pada siklus I pre-test terdapat 6 orang siswa yang belum tuntas dan 10 orang siswa yang dinyatakan tuntas secara individu, kemudian siswa yang dinyatakan mencapai ketuntasan klasikal terdapat 10 orang siswa dengan rincian data yaitu jumlah nilai seluruh siswa 1.080, untuk rata-rata 67,5, dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50 dan presentase ketuntasan klasikalnya 62 %, dan untu nilai essay pada tes akhir siklus 1 yaitu terdapat 7 orang siswa yang tuntas sedangkan yang belum tunts terdapat 9 orang siswa dengan rincian data jumlah nilai seluruh siswa yaitu 930, rata-rata 58,1 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 17 40, dan untuk ketuntasan klasikalnya yaitu 58,1% dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa belum tuntas. Pada siklus II Jumlah siswa yang tuntas terdapat 15 orang dan yang belum tuntas yaitu 1 orang dengan rincian data yaitu untuk jumlah nilai seluru siswa yaitu 1.485 dengan nilai rata-rata 92,8, nilai tertinggi 90 dan yang terendah 60 serta ketuntasan klasikalnya yaitu 9%. Nilai esayy terdapat 12 orang siswa yang tuntas dan 4 orang siswa yang tidak tuntas dengan rincian data dengan jumlah nilai seluruh siswa yaitu 1.040, nilai rata-rata 65,5 dan tertinggi 90, terendah 50 serta nilai ketuntasan klasikal yaitu 87,5%. Hasil dari penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 67% dari yang seharusnya yaitu ≤75% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai ≥75% yaitu mencapai 93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model experiential learning model dapat meningkatkan pemahaman peserta didik MTs Al-Muthmainnah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peserta didik; manusia; model experiential learning; pemahaman; sistem gerak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:44
Last Modified: 21 Oct 2022 04:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item