Ainun, Nurul (2021) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Kelas VIII Sekolah Yayasan Ponpes Safinatunnaja Nw Repoak pada Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurul Ainun 170108025_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan dituntut untuk kreatif atau bisa menciptakan suasana yang baru dalam proses pembelajaran. Salah satu yang dapat membantu pendidikan dalam proses pembelajaran tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan keterampilan siswa adalah pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah menjadi sebuah tantangan apakah kehadirannya akan membawa dampak positif terhadap perubahan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar IPA Kelas VIII Sekolah Yayasan Ponpes Sapinatun Najam Nw Repoak Pada Tahun 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII pada materi suhu dan kalor. Untuk mencapai tujuan di atas peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian terletak di Yayasan Ponpes SafinatunNaja NW Repokoak, Desa Pengadang. Menggunakan metode pengumpulan data yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, mata pelajaran ipa, kelas viiib, mts nw repokoak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:50
Last Modified: 19 Oct 2022 04:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item