Qomariah, Siti Asita (2019) Tadrisu maharotul kalam littullabi asopati atsamin mimadrosati Nahdhatul Wathan Darussolihin Al-Mutawasitoh Al-Islamiah Kalijaga Lombok Assarqiyati Lil’am Addirosi 2018/2019. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Asita Qomariah 1501020186.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Telah dilakukan penelitian Pembelajaran Keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Darussolihin NW Kalijaga tahun pelajaran 2018/ 2019. Problematika siswa dalam keterampilan berbicara bahasa Arab dari segi faktor internal dan ekternal.Adapun solusi dari problematika tersebut adalah mengajarkan siswa terjun langsung seperti halnya guru memulai penyajian materi secara lisan mengucapkan satu kata dengan menunjukkan bendanya atau gambar benda itu memperagakan sebuah gerakan atau mimik wajah. Siswa menirukan berkali-kali sampai benar pelafalannya dan faham maknanya. Setelah menguasai pelafalan dengan baik maka akan mendekati penutur aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika keterampilan berbicara dan solusi dari problematika keterampilan berbicara kelas VIII MTs Darussolihin NW Kalijaga . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII MTs Darussolihin yang berjumlah 29. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data ( data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan dengan mencari data yang diperlukan guna mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika belajar siswa dalam keterampilan berbicara untuk kelas VIII MTs Darussolihin NW Kalijaga dilihat dari faktor internal dan eksternal : 1) faktor internal mencakup minat, bakat, kemauan dan pengalaman terdahulu. 2) faktor eksternal mencakup bahan ajar, lingkungan siswa yang kurang memadai dan kurangnya dukungan dari orang tua. Adapun solusi dari problematika siswa yaitu: 1)mengajarkan siswa terjun langsung seperti halnya guru memulai penyajian materi secara lisan mengucapkan satu kata dengan menunjukkan bendanya atau gambar benda itu memperagakan sebuah gerakan atau mimik wajah. Siswa menirukan berkali-kali sampai benar pelafalannya dan faham maknanya. Setelah menguasai pelafalan dengan baik maka akan mendekati penutur aslinya. 2) memberikan motivasi kepada peserta didik bahwa bahasa arab penting untuk dipelajari karena untuk memahami al-qur’an sebagai syariat ajaran Islam

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; keterampilan bicara; pelafalan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:57
Last Modified: 28 Jan 2021 03:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item