Arifin, Arifin (2022) Evaluasi program pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) melalui model countenance stake di SMPN Kelas VII Kab. Bima tahun 2021. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Arifin 190403029 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Tesis yang berjudul evaluasi program pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui model Countenance Stake di SMPN Kelas VII Kab. Bima tahun 2021 ini merupakan penelitian evaluasi pada program pembelajaran yang dilakukan dalam kelas dan diluar kelas namun bukan PTK, penelitian ini dilakukan karena masalah utama yang dihadapi oleh para guru dalam pelaksanaan K13 adalah dalam menyusun RPP, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kesesuaian antara program pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang meliputi tahap perencanaan, proses dan hasil belajar dengan permendikbud no. 22 tahun 2016 mengenai standar proses pendidikan dasar dan menengah menggunakan model evaluasi countenance stake. Adapun Pendekatan penelitian yang digunakan dalam mengkaji penelitian tentang “Penggunaan Model Countenance Stake Pada Evaluasi Pembelajaran PPKn kelas VII SMP N 1 Bolo Kab. Bima” yaitu pendekatan deskriptif kualitatif.. Metode yang diguanakan adalah metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari temuan atau hasil penelitian evaluasi program pembelajaran pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui model Countenance Stake di SMPN Kelas VII Kab. Bima, pada tahap perencanaan pembelajaran termasuk dalam 79 % kategori baik, , pada tahap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) termasuk dalam 83% kategori baik yang dilaksanakan oleh guru belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun dan belum sesuai dengan peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan no. 22 tahun 2016 mengenai standar proses pendidikan dasar dan menengah, dan hasil belajar Pada hasil penilaian berdasarkan dokumen yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru yang bersangkutan termasuk 87% dalam kategori baik yang meliputi : hasil belajar peserta didik pada ranah pengetahuan, hasil belajar peserta didik pada ranah keterampilan, hasil belajar peserta didik pada ranah sikap, telah sesuai dengan peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan no. 22 tahun 2016 mengenai standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi model; countenance stake; program pembelajaran pai
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:41
Last Modified: 06 Oct 2022 03:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item View Item