Firda, Orizha Laila (2019) Ta’liimu maharotil qiro’ati fillughotil arobiyyati min nazoriyatil Qur’anil Kariim. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Orizha Laila Firda 160102094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Al-Qur’an merupakan firman Allah swt. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, yang menjadi petunjuk bagi umat manusia,obat dari setiap permasalahan. Ayat-ayat Alquran memiliki peran yang sangat penting sehingga dalam memahami isinya sangat diperlukan keahlian untuk bisa membaca dengan berbahasa arab. Maka untuk memahaminya hanyalah khusus dengan menggunakan cara ini (yaitu dengan memahami bahasa Arab) dengan proses pembelajaran dan pengajaran keterampilam membaca. Masalah dari penelitian ini untuk menggambarkan: 1. Bagaimana tinjauan umum tentang pengajaran keterampilan membaca dalam bahasa Arab, dan 2. Bagaimana konsep pengajaran keterampilan membaca dalam bahasa Arab menurut perspektif Al-Qur’an. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan sumber-sumber kepustakaan untuk memperoleh data penelitian. Penelitian ini adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data kepustakaan, membaca, menulis, dan proses dalam bahan penelitian. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian ini, dapat diringkas sebagai berikut: konsep pengajaran membaca dalam alquran bahwa pengajaran merupakan adanya proses antara guru dan murid, sedangkan membaca dalam pengertian istilahnya terbagi atas tiga macam yakni qiroah, tilawah, tartil. Namun dari ketiga istilah ini mengandung perbedaan makna jika dilihat dari segi pengertian. Jadi berdasarkan kalimat qiraah yang terdapat dalam al-Qur’an terkait pengajarannya tersebut hanya terdapat pada surah Al-Isro’ ayat 106. Sedangkan metode membaca berdasarkan surah al Muzammil ayat 4 atau surah al-Qiyamah ayat 12 terbagi atas metode taqlil, metode tartil, dan tajwid. Pentingnya membaca dalam surah al- Alaq yaitu bahwa manusia diperintah untuk membaca segala sesuatu danbersifat umum, baik membaca ayat-ayat kauniyah (seperti fenomena alam,membaca diri sendiri) maupun ayat-ayat qauliyah (sumber yang tertulis). Akantetapi dalam membaca, dan menelaah dimulai dengan menyebut nama Allah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; mufrodat; solusi; problematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2021 02:14
Last Modified: 28 Jan 2021 02:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item