Saputra, Dedi Agus (2021) Peran lingkungan bahasa pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab di Asrama Ibnu Mustofa Pondok Pesantren Al Aziziyah Kapek Gunungsari Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dedi Agus Saputra 160102073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Salah satu faktor yang mempengaruhi dan mencapai keberhasilan dalam pendidikan bahasa asing adalah lingkungan bahasa. Keberadaan lingkungan berbahasa Arab menjadi penting karena setiap yang mereka dengar dan yang lihat di sebuah lingkunagan menggunakan bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di asrama Ibnu Mustafa di pondok pesantren Al Aziziyah dan untuk mengetahui peran lingkungan bahasa dalam pengajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Hasil tersebut memberikan solusi dalam meningkatkan peran lingkungan bahasa dan teori yang dapat menjadikannya sebagai sumber pengetahuan untuk merencanakan dan mengembangkan peran lingkungan bahasa dalam pengajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dari Pondok Pesantren Al-Aziziyah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: (1) Proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Asrama Ibnu Mustafa Pondok pesantren Aziziyah memiliki proses dan program yang membantu dan berhubungan dengan lingkungan kebahasaan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab, yaitu menghafal kosakata, percakapan sehari-hari. , pengajaran kitab-kitab bahasa Arab, dan perkuliahan (2) Lingkungan kebahasaan memainkan peran utama Yang penting dalam memfasilitasi pemahaman siswa dalam mengajarkan keterampilan berbicara bahasa Arab (3) problem dalam lingkungan pembelajaran yaitu belum terbentuk panitia kebahasaan,santri yang baru masih minim kosa kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara; lingkungan sosial; proses belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:11
Last Modified: 15 Aug 2022 03:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item