Hatami, Muhammad (2021) Peran strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah penabung pada baitul maal wat tamwil (BMT) Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Hatami 160205210.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang belum mengenal dan mengetahui tentang produk-produk yang dikembangkan dan sistem yang diterapkan dalam perbankan syariah. Dalam hal ini BMT sebagai lembaga keuangan perlu mengkomunikasikan produk yang mereka tawarkan yaitu membutuhkan strategi pemasaran. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui dan memiliki minat membeli manfaat dari produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhannya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perencanaan strategi pemasaran dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan jumlah nasabah penabung pada BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu berupa wawancara, pengamatan dan penjabaran dalam bentuk angka maupun tulisan, sedangkan sumber data sekunder, tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam metode observasi, metode wawancara (interview). Penerapan strategi pemasaran di BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram sudah dilakukan tetapi belum maksimal. BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram menggunakan dua media promosi yaitu brosur dan media sosial. Media yang digunakan untuk promosi masih kurang, karena kurangnya sumber daya manusia. Kendalanya adalah masih terbatasnya SDM yang mengelola dalam bagian promosi. Solusinya adalah dengan menambah dan meningkatkan sumber daya manusia agar proses promosi BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram dapat dikenal dan diketahui masyarakat banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nasabah; strategi pemasaran; produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:09
Last Modified: 19 Jul 2022 03:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item