Ardiani, Nurul Anila (2017) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Assurance , Relevance , Interest , Assessment , dan Satisfaction ( ARIAS ) pada mata pelajaran IPS di kelas V MI NW Mengkuru Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurul Anila Ardiani 151139077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Arias pada mata pelajaran IPS di kelas V MI NW Mengkuru Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 . Jenis instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi , tes hasil belajar , dan dokumentasi . Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriftip . Sasaran penelitian ini adalah guru , siswa dan model pembelajaran Arias , dengan jumlah siswa 29 orang . Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing - masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan . Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan , pelaksanaan , observasi , dan refleksi . Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai 270 pada siklus I ada 22 siswa dengan persentase 75.86 % dan siklus II ada 26 siswa dengan persentase 89.65 % . Sedangkan hasil observasi rata rata skor keaktifan siswa pada siklus I sebesar 2.49 dan siklus II diperoleh 3.35 . Hasil pengamatan untuk guru pada siklus I diperoleh 72.22 % dan pada siklus II diperoleh nilai dengan persentase 88,88 % . Maka , dari siklus I dan siklus II dapat dilihat peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa di kelas V MI NW Mengkuru sebesar 13.79 % .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; model pembelajaran assurance , relevance , interest , assessment , dan satisfaction
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:21
Last Modified: 10 Jun 2022 08:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item View Item