Ardiani, Nurul Anila (2017) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Assurance , Relevance , Interest , Assessment , dan Satisfaction ( ARIAS ) pada mata pelajaran IPS di kelas V MI NW Mengkuru Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Nurul Anila Ardiani 151139077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
![]() |
Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (230kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Arias pada mata pelajaran IPS di kelas V MI NW Mengkuru Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 . Jenis instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi , tes hasil belajar , dan dokumentasi . Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriftip . Sasaran penelitian ini adalah guru , siswa dan model pembelajaran Arias , dengan jumlah siswa 29 orang . Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing - masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan . Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan , pelaksanaan , observasi , dan refleksi . Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai 270 pada siklus I ada 22 siswa dengan persentase 75.86 % dan siklus II ada 26 siswa dengan persentase 89.65 % . Sedangkan hasil observasi rata rata skor keaktifan siswa pada siklus I sebesar 2.49 dan siklus II diperoleh 3.35 . Hasil pengamatan untuk guru pada siklus I diperoleh 72.22 % dan pada siklus II diperoleh nilai dengan persentase 88,88 % . Maka , dari siklus I dan siklus II dapat dilihat peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa di kelas V MI NW Mengkuru sebesar 13.79 % .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; model pembelajaran assurance , relevance , interest , assessment , dan satisfaction |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:21 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 08:37 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |