Hasanah, Mauziatun (2017) Implementasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia kurikulum 2013 di SDN 1 Tetebatu. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mauziatun Hasanah 151139055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 , kendala / hambatan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 , serta untuk mengetahui solusi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 . Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi , wawancara , dan dokumentasi . Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data , penyajian data , dan penarikan kesimpulan . Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu trianggulasi sumber dan teknik . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV di SDN 1 Tetebatu sudah menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran , walaupun pada pelaksanaannya belum maksimal . Dalam hal ini , metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah metode ceramah , diskusi , problem solving , simulasi , dan tanya jawab . Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru memerlukan variasi serta pendekatan saintifik agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan maupun tulisan . Adapun kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 adalah sumber belajar , kurangnya pelatihan / workshop bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 , dan dari faktor internal dan eksternal siswa . Faktor internal dipengaruhi oleh penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kurang , minat membaca siswa rendah , serta daya tangkap atau pemahaman siswa masih minim . Sedangkan dari faktor eksternal dipengaruhi oleh status sosial ekonomi keluarga , hubungan keluarga , kondisi keluarga , dan bahasa pertama yang diperoleh siswa . Dalam hal ini guru memberikan bimbingan atau perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar berbahasa dengan cara mengumpulkan data , mengolah data , Diagnosis , Prognosis , Treatmen , dan evaluasi .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: siswa; guru; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2022 00:11
Last Modified: 10 Jun 2022 08:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item View Item