Aulia, Baiq Zuhaeratul (2018) Analisis kesulitan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik di MIN 1 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Zuhaeratul Aulia 151149038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal diantaranya penerapan pendekatan saintifik di MIN 1 Lombok Tengah, kesulitan guru dalam menerapan pendekatan saintifik di MIN 1 Lombok Tengah dan faktor penyebab guru berkesulitan dalam menerapan pendekatan saintifik di MIN 1 Lombok Tengah. Untuk itu penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model analisis yang dikembangkan miles and huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati dan mendokumentasikan proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas V serta mewawancarai wali kelasnya. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi tersebut dapat dideskripsikan bahwa terdapat langkah kerja dari pendekatan Saintifik yang tidak dilaksanakan secara optimal oleh guru, utamanya proses menanya, mengumpulkan informasi dan mengolah informasi. Pada tahap menanya, guru tidak melatih siswa untuk merumuskan pertanyaan akan tetapi hanya meminta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah ada di dalam buku. Sementara pada tahap mengumpulkan informasi guru tidak menyediakan sumber informasi yang variatif, akan tetapi hanya memanfaatkan buku. Dalam hal ini, guru seharusnya dapat lebih memanfaatkan lingkungan sekitar Madrasah sebagai sumber belajar sehingga pembelajaran dapat terlaksana secara lebih kontekstual. Selain itu, pada tahap mengolah informasi, guru tidak mengarahkan siswa untuk mendiskusikan hasil pengumpulan informasinya dalam kelompok-kelompok diskusi. kesulitankesulitan tersebut menyebabkan penerapan pendekatan saintifik di MIN 1 Lombok Tengah belum menunjukan suatu proses ilmiah yang utuh dan hirarki dalam kegiatan pembelajaran. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan guru dalam menerapkan langkah kerja pendekatan saintifik diantaranya motivasi yang kurang dalam mengembangkan pembelajaran dan jumlah siswa yang tinggi dalam satu rombongan belajar. Untuk dapat mengoptimalkan setiap langkah kerja dari pendekatan saintifik, guru diharapkan lebih memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; pendekatan saintifik; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:59
Last Modified: 10 Jun 2022 08:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item