Linawati, Linawati (2020) Penerapan model cooperative learning tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI NW Johar Pelita Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Linawati 160106175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, membuat pembelajaran menjadi tidak menarik. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi dan kurang melibatkan siswa secara aktif di kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe NHT pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NW Johar Pelita, Gunungsari, sebanyak siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Jhon Elliot yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA, lembar observasi untuk mengukur aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran IPA. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Dari analisis data terjadi peningkatan baik dari hasil belajar siswa, aktivitas guru, maupun aktivitas siswa, yaitu peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya, dimana pada siklus I diperoleh 56,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% jadi peningkatan pada siklus I dan II yaitu sebesar 31,25%. Selain itu, persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan dimana nilai peserntase aktivitas guru siklus I diperoleh 77,27% kemudian pada siklus II menjadi 100% meningkat sebesar 22,73% begitu juga dengan nilai persentase aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 70,58% kemudian pada siklus II menjadi , meningkat sebesar , . Berdasarkan hasil tersebut penelitian dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ketuntasan klasikal sudah mencapai ≥ dari jumlah siswa dalam kelas mencapai nilai , kemudian aktivitas guru dan siswa sudah mencapai ≥ dalam kategori aktif. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI NW Johar Pelita Tahun Pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; model cooperative learning tipe NHT; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:25
Last Modified: 05 Apr 2022 04:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item