Tasiya, Laila (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran numbered head together pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas V MI Al-Hamidiyah NW Sidemen Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Laila Tasiya 1501060818.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Numbered Head Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Al-Hamidiyah NW Sidemen kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini dalam siswa kelas IV MI At-Tahzib Kekait yang berjumlah 16 siswa, laki-laki sebanyak 12 siswa dan perempuan sebanyak 4 siswa. peneliti ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk membentuk ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Penggunaan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar pada mata Akidah Akhlak kelas V MI Al-Hamidiyah NW Sidemen kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar mengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar % dengan nilai rata-rata 70,86%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa adalah 55% dikategorikan kurang berarti aktivitas belajar siswa belum tercapai, sedangkan pada siklus I persentase aktivitas guru adalah 65% dikategorikan cukup. Sementara itu pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,95% dengan nilai rata-rata 86,21% pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa adalah 70% dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas guru 75% dikategorikan cukup baik. Dari kedua perolehan siklus I dengan siklus II, dengan demikian penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; model pembelajaran numbered head together; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:00
Last Modified: 05 Apr 2022 04:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2342

Actions (login required)

View Item View Item