Munir, Akh. (2021) Penerapan media permainan bahasa pada pembelajaran keterampilan kalam untuk siswa kelas X MA Assulamy Langko Lombok Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Akh. Munir 170102109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak penyebaran nya di dunia, penuturnya lebih dari 450 juta jiwa, dan penuturnya yang terbesar terkenal dengan dunia Arab. Keterampilan bahasa terbagi menjadi empat yaitu keterampilan berbicara, keterampilan mendengar, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Adapun pada skripsi ini penulis fokus pada keterampilan berbicara saja, yaitu: penerapan media permainan pada pembelajaran keterampilan berbicara bagi siswa kelas X MA Assulamy Langko Lombok barat. Adapun rumusan masalahnya adalah: Bagaimana proses belajar-mengajar pada pembelajaran keterampilan berbicara bagi siswa kelas X MA Assulamy Langko Lombok barat sebelum menerapkan media permainan?, bagaimana penerapan media permainan pada pembelajaran keterampilan berbicara bagi siswa kelas X MA Assulamy Langko Lombok barat dan apa saja masalah nya? Dan permainan yang di terapkan di lokasi penelitian itu adalah “permainan bisik berantai” dan “ permainan siffissurah”, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses belajar-mengajar pada pembelajaran keterampilan berbicara bagi siswa kelas X MA Assulamy Langko Lombok barat sebelum menerapkan media permainan adalah menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi, serta memakai panduan buku paket kelas X dalam belajar, dan untuk pembelajaran keterampilan berbicara nya siswa di suruh bercakap-cakap memakai bahasa Arab dua-dua di depan kelas. (2) Adapun untuk penerapan media permainan di MA Assulamy langko kelas X itu sangat menyenangkan bagi siswa terutama untuk permaian bisik berantai, ada peningkatan baik minat maupun hasil dari permainan bahasa tersebut. (3) Dan untuk masalah-masalah yang terdapat dalam permainan ini diantaranya adalah banyaknya siswi-siswi yang malu bersama dalam barisan laki-laki sementara di MA Assulamy kelas X jumlah wanita nya hanya 3 orang saja sedangkan di permainan bisik berantai itu membutuhkan 5 orang per baris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; media belajar; keterampilan kalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:41
Last Modified: 10 Mar 2022 01:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item