Nadiatussholihah, Nadiatussholihah (2020) Perbandingan model PBL (probleam basead learning) dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MA NW Peneguk Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nadiatussholihah 160104067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian yang dilakukan ini perbandingan model pembelajaran antara penggunaan model PBL (Probleam Basead Learning) dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap berpikir logis siswa, yang dimana penggunaan suatu model pembelajaran dapat sangat berpengaruh terhadap tingkat pola pikir siswa, yang dimana diketahui kedua model teersebut memiliki pengaruh yang sama dalam membangun pola pikir siswa terutama dalam berpikir secara logis. Sesuai dengan hasil observasi yang didapatkan bahwa pada sekolah tersebut masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dalam melakukan pembelajaran serta siswa masih kurang aktif dalam mengemukakan pendapat serta. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MA NW Peneguk tahun pelajaran 2019/2020. (2) untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MA NW Peneguk tahun pelajaran 2019/2020, (3) untuk mengetahui perbandingan antara model PBL dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MA NW Peneguk tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group desaigen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa, hal ini dikarenakan penelitian ini dilakukan pada masa pandemic COVID 19. Data yang diperoleh berupa data hasil kemampuan berpikir logis dengan menggunakan instrument tes kemampuan berpikir logis, dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan pengujian anacova yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan berpikir logis siswa terhadap penggunaan model PBL (problem basead learning) dan model inkuiri terbimbing, serta perbandingan pada kelas kontrol. Selain itu perbedaan kemampuan berpikir logis siswa yang ditinjau dari pencapaian nilai rata-rata, dengan hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada model PBL yaitu 75, dan nilai rata-rata pada model inkuiri terbimbing yaitu 78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model inkuiri lebih baik dibandingkan model PBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model probleam basead learning; metode belajar; model inkuiri terbimbing; berfikir logis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:43
Last Modified: 23 Feb 2022 03:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item