Hasnaunnuha, Zafiya Zahra (2020) Strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Dahlia Rembiga Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zafiya Zahra Hasnaunnuha160110035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan anak usia 5-6 tahun, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Dahlia Rembiga Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedang teknik analisis data pertama pengumpulan data, kedua reduksi data, ketiga penyajian data, dan keempat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan dilakukan melalui tiga tahap yaitu pertama perencanaan, perencanaan dibuat oleh guru dalam bentuk RPPM dan RPPH, RPPH dibuat satu hari sebelum pelaksanaan pembelajaran, dibuat oleh guru dan diketahui oleh Kepala TK.Selain membuat RPPH guru juga menyiapkan media pembelajaran, kedua pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan sistem luring (kunjungan), dilaksanakan dengan sistem kelompok, 1 kelompok maksimal terdiri dari 5 anak, dengan catatan wajib mentaati protokol kesehatan, pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan strategi menggunakan : media kartu huruf, media kartu kata bergambar, media kartu kata dan benda, metode bermain dan bernyanyi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas,ketiga penilaian pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dilakukan oleh guru Kelompok B dan dilakukan setiap hari dengan instrument dan teknik melalui, pengamatan/observasi, percakapan/tanya jawab, dan pemberian tugas, dengan menggunakan lembar checklist.Yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan adalah : media yang bervariasi dan menarik, tingkat kecerdasan dan minat belajar anak, serta peran orang tua, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah, anak yang sulit kosentrasi, alokasi waktu, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru; metode mengajar; anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:41
Last Modified: 17 Feb 2022 04:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item