Dewi, Denda Setia (2020) Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui model realistic mathematics education (RME) pada kelas IV di MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Denda setia Dewi160106042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian bertujuan tuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui model Realistic Mathematics Education (RME) pada kelas IV di MIN2 Kota Mataram Tahun Pelajararan 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yang berkesinambungan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa materi bangun datar. Peningkatan dapat diketahui dari hasil tes pemahaman konsep matematika siswa. Diperoleh peningkatan dari data hasil tes pemahaman siswa siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69.48 dengan ketuntasan klasikal 68,96 % dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96.55%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV di MIN 2 Kota Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep; model realistic mathematics education; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:56
Last Modified: 02 Feb 2024 01:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item