Azalia, Rizka (2017) Kemampuan guru ekonomi dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas X di SMAN 1 Sakra kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur TP. 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Iga RIzka Azalia 151126253.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (870kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana cara guru menciptakan suasanabelajar yang kondusif di sman 1 sakra. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus sampai bulan September 2016 dengan subyek penelitian 41 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif terdiri dari 3 (tiga) kali observasi dengan mengamati cara guru dalam mengajar dengan mengkondisikan kelas (dalam hal ini pengamati peran guru), penelitian ini beracuan pada pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil pengamatan/observasi dapat diketahuai bahwa dari proses pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan tersebut adalah baik. Karena sebagian besar komponen-komponen tersebut telah dilaksanakan dengan baik. Meskipun ada bebrapa komponen yang belum terlaksana dengan baik Dari hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa peran seorang guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajardapat mendukung terwujudnyasuasana belajar yang baik, nyaman, dan menyenangkan bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran (dalam artian suasana belajar yang dihasilkan akan kondusif). Dari penelitian ini diharapkan agarpara guru dapat menjalankan perannya sebagai pengajar dan pembimbing dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru; susana belajar; kompetensi guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifqy Rosi Mulyadi
Date Deposited: 31 Dec 2021 08:55
Last Modified: 31 Dec 2021 08:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item