Satria, Ilham Durahman Ali Agus (2019) Pengaruh pelaksanaan pratikum terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada kelas VII Mts Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ilham Durahman Ali Agus Satria 1501040460.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemampuan keterampilan proses sains dan hasil belajar pesertadidik yang masih rendah selama ini guru hanya menggunakan metode pembelajaran kompesional yaitu metode ceramah dan penugasan. Proses pembelajaran peserta didik di kelas VII di MTs Nurul Jannah NW Ampenan kurang mampu mengembangkan keterampilan proses sains dan hasil belajar, sehingga di butuhkan inovasi baru dalam pembelajaran IPA untuk mengembangkan kedua kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pratikum terhadap keterampilanproses sains siswa kelas VII MTs Nurul Jannah NW Ampenan. (2) untuk mengetahui pengaruh pelaksanaanpratikum terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Nurul Jannah NW Ampenan. Metode penelitian yangdigunakan adalah quasi eksperimen dengan disain pretest-postest control grup desingn. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII dan sampel penelitiana adalah kelas VII/A dan VII/B. tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalahtes, lembar obsevasi. Berdasarkan metode pengambilan data menggunakan metode observasi dan tes objektif berupa pilihan ganda. Validitas instrumen penelitian menggunakan pendapat para ahli dan tes uji coba di kelas lain, sedangkan reliabilitas instrumennya menggunakan rumus Alpha Chronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji-t.Berdasarkan data yang diperoleh melalui pretest, kedua kelas memiliki rata-rata yang tidak berbeda jauh, kelas eksperimen dengan rata-rata 44,08 nilai tertinggi 66, dan nilai terendah 26. Sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 38,72 nilai tertinggi 60, dan nilai terendah 20.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; praktikum; keterampilan sains
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:14
Last Modified: 02 Dec 2021 06:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item View Item