Hasna, Firyal (2020) Implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan lembaga TK Negeri 3 kec. Taliwang Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Firyal Hasna 160110029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan dan pertumbuhan lembaga PAUD semakin pesat, namun tidak diimbangi dengan peningkatan kualitasnya, sehingga hal ini akan berdampak pada eksistensi lembaga dimasa mendatang. TK Negeri 3 Taliwang telah berdiri selama 33 tahun hal ini membuktikan bahwa lembaga TK Negeri 3 Taliwang telah memiliki kualitas dari segi manajemen PAUD yang baik. Salah satunya, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi manajemen terpenting dalam perkembangan lembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implemetasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, implikasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dan faktor penghambat serta pendukung dalam manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di TK Negeri 3 Taliwang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan ialah tehnik analisis Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini adalah implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di TK Negeri 3 Taliwang terdiri dari perekrutan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan bakat yang dimiliki, penempatan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagoisis dan perekrutan tenaga pendukung seperti tenaga kebersihan dilakukan dengan kriteria rajin dan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik serta sebisa mungkin memiliki rumah yang berlokasi dekat dengan sekolah. Pengembangan kemampuaan pendidik dan tenaga kependidikan melalui pelatihan, workshop, lomba, motivasi, penghargaan, kelompok kerja guru dan supervisi. Serta pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan yang akan dilakukan jika telah melalui proses pembinaan namun tidak menunjukkan perubahan sikap atau jika secara sukarela mengundurkan diri. Implikasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di TK Negeri 3 Taliwang adalah meningkatkan kemandirian sekolah dalam merancang program pendidikan, meningkatkan tanggung jawab sekolah terhadap masyarakat dan orangtua murid dengan rapat komite dan pelaporan perkembangan anak melalui raport, sekolah semakin berkembang dengan prestasi pendidik dan tenaga kependidikan dan peningkatan kemampuan pendidik terkait karakter, cara belajar peserta didik dan penyusunaan program pembelajaran menyenangkan, serta terdapat peningkatan jumlah murid pada tahun ajaran 2019/2020. Faktor penghambat implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di TK Negeri 3 Taliwang adalah kurangnya pelatihan dan workshop oleh pemerintah daerah, guru yang berkualifikasi PAUD di KSB masih sangat minim, tidak adanya universitas yang membuka jurusan PAUD di KSB, lokasi sekolah yang susah dijangkau dan sarana pengembang kemampuan guru seperti perpustakaan tidak tersedia. Faktor pendukung implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan adalah pendidik dan tenaga kependidikan yang tetap mau belajar dan mau diarahkan (semangat tinggi), pemberian motivasi dan dukungan dari kepala sekolah, adanya jaminan gaji dari pemerintah daerah untuk pendidik dan tenaga kependidikan berstatus pegawai tidak tetap (PTT), pemberian kesempatan kepada pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengikuti pelatihan dan, peningkatan kesejahteraan para pendidik dan tenaga kependidikan melalui program khusus sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen PAUD; manajemen pendidik; tenaga kependidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:45
Last Modified: 08 Nov 2021 04:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item