Fahrizal, Lalu Muhamad Rusdi (2020) Pengaruh pembelajaran nahwu terhadap minat keterampilan membaca di kelas X Madrasah Aliyah Al-Majidiyah Nahdlatul Wathan Majidi Selong Lombok Timur 2019-2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Muhamad Rusdi Fahrizal 160102024_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Pembalajaran bahasa Arab di Madarasah Aliyah al-Majidiyah merupakan pembelajaran ciri khas di Madrasah tersebut, akan tetapi pembelajaran bahasa Arab dianggap sulit oleh siswa karena siswa belum memahami dasar-dasar pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran Nahwu merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap keterampilan membaca, karena pembelajaran Nahwu membahas tentang dasar-dasar keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan dan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif di sini menjelaskan tentang sebab dan akibat suatu permasalahan. Dipenelitian ini menjelaskan tentang pengaruh pembelajaran Nahwu terhadap minat keterampilan membaca bahasa Arab. Adapun metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulan data yaitu: angket, dan observasi. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti yaitu, guru tidak menggunakan pembelajaran nahwu sebelum mengukur keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan Ketika belajar bahasa Arab. Belajar Nahwu sebelum belajar bahasa Arab dapat membuat siswa menjadi lebih mudah memahami keterampilan membaca dalam bahasa Arab. INGGRIS Arabic learning in Al – Majidiyah school is one of the characteristics of that school. But Arabic learning are reputed by students because they have not understand foundation of Arabic language. Nahwu learning explain of foundation of reading skill, because Nahwu learning about foundation reading skill in Arabic language. This reseacher a purpose to the describe about using and problems that are faced by theachers and student in Arabic learning. In this research, researcher use kuantitatif approach that explain about the reason and the result of a problem and than explain about influence Nahwu learning to word intrest Arabic reading skil. Research use method angkect, and observation for get the data and information about the student and that school. Studying Nahwu before study Arabic language its solution for student quicly understand and easy study Arabic language. That method can make student not borimg to study Arabic in the class. As for the method used by researcher to collect data, angkets, and obervations in Al-Majidiyah school. Theacher give students question, ther is twenty five with the multyfull choise in every question.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nahwu; minat belajar; keterampilan membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:40
Last Modified: 01 Nov 2021 05:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item