Jannah, Raudatul (2020) Perbandingan berpikir kreatif terhadap model problem based learning (PBL) dengan discovery learning siswa kelas XI SMAN I Praya Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Raudatul Jannah 160104083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian mengenai perbandingan model PBL dengan Discovery Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Berpikir kreatif adalah suatu keterampilan yang dimiliki oleh individu dalam menggunakan proses berpikirnya untuk dapat menghasilkan suatu gagasan yang baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara model PBL dengan Discovery Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perbandingan model PBL dengan Discovery Learning terhadap berpikir kreatif siswa SMAN 1 Praya Timur dapat dilihat menggunakan uji ANCOVA dengan perbandingan sebesar 89,362 untuk model PBL sedangkan 87,892 untuk model Discoveri Learning. Pada dasarnya kedua model tersebut sama-sama baik, akan tetapi model PBL lebih efektif atau lebih baik dari model Discovery Learning. Sedangkan untuk nilai kemampuan berpikir kreatif model PBL dapat dilihat melalui pretest dan postest yaitu pretest sebesar 61,75 postest sebesar 90,5. Untuk model Discovery Learning pretest sebesar 58,95 postest sebesar 87,85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan antara model PBL dengan Discovery Learning terhadap berpikir kreatif siswa kelas XI SMAN 1 Praya Timur tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; discovery learning; berfikir kreatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 05:40 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:40 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |